LAPORAN PRAKTIKUM
MODUL I
REKURSIF
Disusun Oleh :
Tika Afkirunnisa
201102006
Dosen Pengampu :
Yosef Murya Kusuma Ardhana, S.T.
Program Studi D3 - komputerisasi Akuntansi
Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM)
"YOS SUDARSO"
PURWOKERTO
2012
DASAR TEORI
Fungsi Rekursif adalah fungsi yang memanggil dirinya sendiri. Fungsi ini akan terus berjalan sampai kondisi berhenti terpenuhi. Oleh karena itu dalam sebuah fungsi rekursif perlu terdapat dua blok penting yaitu blok yang menjadi titik berhenti dari sebuah proses rekursif dan blok yang memanggil dirinya sendiri.
Dalam penerapannya rekursif sebagai berikut :
A. Mencetak Nilai dari Parameter
Fungsi ini mencetak nilai dari parameter yang dilempar kepadanya. Jika nilai dari parameter tersebut > 0, maka fungsi akan mencetak nilai dari parameter tersebut dan kemudian memanggil dirinya sendiri lagi.
Jika tidak program tersebut berhenti.
B. Fungsi Pangkat
Fungsi ini digunakan untuk menghitung nilai X pangkat n. Dengan n berupa bilangan bulat positif.
C. Faktorial
Faktorial merupakan contoh sederhana dari proses rekursif yaitu proses menghitung nilai faktorial dari bilangan bulat positif.
contoh penulisan :0! = 1 untuk n=0 maka rumusnya n! = n*(n-1)
Maka dapat diilustrasikan sebagai berikut :
faktorial(3) = 3*faktorial(2)
faktorial(2) = 2*faktorial(1)
faktorial(1) = 1*faktorial(0)
D. Fibonanccy
Fibonanccy merupakan proses penyusunan deret dengan menggunakan rumus :
n=1 atau n=2 maka fibo (n) = 1
n>2 maka fibo (n) = fibo(n-1) + fibo(n-2)
Maka dapat diilustrasikan sebagai berikut :
fibo(5)=fibo(4)+fibo(3)
fibo(4)=fibo(3)+fibo(2)
fibo(3)=fibo(2)+fibo(1)
Program Praktikum 1.2
Program untuk memasukkan tipe data karakter
Hasil Output :
Program Praktikum 1.3
Program menampilkan data berupa bilangan pecahan
Hasil Output :
Program Praktikum 1.5
Program mencetak nilai dari parameter
Program Praktikum 1.6
Program menghitung pangkat
Program Praktikum 1.7
Program menghitung faktorial
Keterangan :
1. Saat membuat program lupa memasukan \n setelah kalimat Mencari nilai faktorial.
2. Lupa memberi tanda titik koma ( ; ) setelah cout<<"Masukkan nilai x : ";
Hasil Output :
Program Praktikum 1.9
Program menampilkan menara hanoi
Lanjutan Program Praktikum 1.9
Hasil Output :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar